ETS PBKK
1. Sebutkan aplikasi POS yang biasa dipakai di masyarakat?
Aplikasi POS yang paling sering dipakai di masyarakat adalah Majoo. Majoo adalah platform pendukung bisnis atau usaha berbasis aplikasi yang menyediakan solusi komperhensif POS dengan skema bulanan dan harga terjangkau untuk melayani semua segmen UKM. (Link Majoo)
2. Fitur apa saja yang ada di dalam aplikasi tersebut , buatlah screenshotnya dan jelaskan!
- Klasifikasi Jenis Order
Klasifikasi jenis order meliputi sebagai berikut :
- Multi Order
Mencatat berbagai jenis order (bungkus, delivery, meja, jasa) sehingga memperkuat analisa transaksi untuk peningkatan volume penjualan maupun efisiensi usaha.
- Variasi Harga Jual
Mengatur berbagai kondisi harga jual produk, yaitu menjual produk yang tidak ada dalam daftar produk (custom amount), mengatur kasir untuk memberikan harga nego dengan batasan harga tertentu, menjual produk dengan jumlah pembelian minimum.
- Harga Khusus Ojek Online
Mengatur harga khusus untuk order melalui online delivery (gojek, grab, dll) sehingga harga yang dijual ke pelanggan langsung berbeda dengan harga yang dijual melalui online delivery. Memudahkan bisnis untuk mengatur profit dikarenakan adanya komisi penjualan oleh online delivery.
Klasifikasi Jenis Order |
- Metode Pembayaran
Fitur metode pembayaran meliputi sebagai berikut :
- Multi Payment
Satu transaksi dapat dibayar dengan lebih dari satu jenis pembayaran. Kemampuan membedakan jenis pembayaran baik cash, edc, transfer bank, wallet, compliment, deposit, poin dan kupon yang terhubung dengan fungsi keuangan akunting.
- Invoice
Pembayaran dapat dirubah menjadi metode bayar invoice dengan pilihan jatuh tempo pembayaran.
- Pembulatan Pembayaran
Membulatkan tagihan/bill ke pecahan uang yang umum sehingga mempermudah pengembalian pembayaran. Contoh: tagihan/bill Rp. 10.260,- dibulatkan ke ratusan atau lima ratusan menjadi Rp. 10.300,- atau 10.500,-.
- Pengaturan Pembayaran
Fleksibel mengatur pembayaran dengan/tanpa pajak termasuk pajak promo (pajak sebelum diskon, pajak, harga termasuk) serta tambahan biaya layanan atau service charge.
- Void Refund Dengan Otorisasi
Fitur refund dengan otorasi meliputi sebagai berikut :
- Void (Pembatalan Order) dan Refund
Order yang telah dipesan atau dibayari dapat dibatalkan kasir dengan persetujuan otoritas manager, semua order yang dibatalkan akan dicatat dalam laporan.
- Otorisasi Melalui PIN atau Token Manajer
Semua pembatalan order maupun refund harus dilakukan kasir dengan persetujuan otoritas manager dapat dilakukan manager dengan PIN maupun melalui token yang dikirimkan melalui email manager.
- Pengaturan Refund yang Lengkap
Refund dapat di atur dengan pilihan barang kembali ke inventori maupun tidak, serta pilihan pengembalian total, sebagian atau berdasarkan produk yang telah dibeli. Lengkap dengan pilihan refund menggunakan uang kas kasir atau kas outlet.
- Manajemen Meja/Ruangan
Fitur manajemen meja/ruangan meliputi sebagai berikut :
- Layout dan Status Meja
Menampilkan denah meja dengan informasi status ketersediaan meja, order, pelanggan, dan waktu layanan, yang memudahkan anda mengelola usaha dengan model alokasi meja atau ruangan.
- Pindah, Gabung dan Pisah Meja
Lengkap dengan fungsi pengelolaan untuk memindahkan, menggabungkan, dan memisah meja atau ruangan.
- Timer Meja/Ruangan
Fungsi membatasi waktu penggunaan meja/ruangan, yang akan memberikan peringatan saat waktu habis dan peringatan sebelum waktu habis. Feature ini sangat membantu jenis usaha all you can eat, atau usaha lain yang menggunakan pembatasan waktu penggunaan meja/ruangan.
- Struk Kasir, Label Sticker, Email, SMS, WA
Fitur struk kasir, label stiker meliputi sebagai berikut :
- Struk Kasir, Checker, Proses/Dapur
Struk penjualan dan struk pembayaran, struk checker sampai dengan struk order proses dapur dapat di cetak di satu printer yang sama atau terpisah, jumlah cetak dapat di tentukan serta footnote untuk menampilkan pesan promo untuk meningkatkan penjualan.
- Label Sticker
Digunakan untuk mencetak label sticker yang umumnya dipakai untuk menempel label di packaginng minuman dan makanan, namun juga bisa digunakan untuk mencetak label proses order lainnya.
- Struk Email, SMS, dan WA
Selain mencetak struk kertas, struk juga dapat dikirimkan ke email, nomer whatsapp dan sms. Mengurangi biaya kertas struk, mengurangi sampah sekaligus mempermudah pelanggan untuk menyimpan struk pembelian dan jumlah poin loyaltinya.
- Pembayaran Non Tunai e-Wallet dan EDC
Fitur pembayaran non tunai e-Wallet dan EDC sebagai berikut :
- e-Wallet Dana, Gopay, Ovo, LinkAja, ShopeePay
Terima pendaftaran dan pembayaran ewallet Dana Gopay Ovo LinkAja Shopeepay serta semua pembayaran yang tergabung dalam QRIS (QR Nasional) untuk mempermudah transaksi dan lebih aman tanpa menerima uang tunai. QRIS akan tampil di aplikasi kasir secara dinamis, kasir tidak perlu memasukkan nominal dan dapat discan oleh semua jenis ewallet.
- Pembayaran EDC
- Pembayaran lainnya
Mencatat semua jenis permbayaran tunai dan non-tunai seperti EDC bank, transfer bank, pembayaran elektronik lainnya, serta merubah pembayaran menjadi invoice yang dapat di atur terms of paymentnya.
3. Buat rancangan UI dan navigasi aplikasi POS mu sendiri?
UI dan Navigasi yang dibuat melalui aplikasi figma, untuk mengakses figma dapat menggunakan link ini : Figma POS Farmasi Branz
4. Dengan menggunakan framework .NET implementasikan aplikasi POS yang dirancang.
Untuk melihat implementasi dapat mengakses link berikut : Source Code Farmasi Branz
Comments
Post a Comment